Scroll untuk baca artikel
PangkalpinangKesehatan

Dua Kelompok Ini Jadi Sasaran Pemkot Pangkalpinang Untuk Vaksin Ketiga

202
×

Dua Kelompok Ini Jadi Sasaran Pemkot Pangkalpinang Untuk Vaksin Ketiga

Sebarkan artikel ini
IMG 20220112 WA0005
Foto: Tim medis dari Kota Pangkalpinang saat memberikan vaksin kepada warganya.(ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang mulai melaksanakan vaksinasi lanjutan atau booster dosis ketiga perdana di Puskesmas Girimaya, Rabu (12/1/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim mengatakan saat ini vaksinasi booster diproritaskan bagi kelompok lanjut usia atau lansia dan pra lansia meliputi pelayan publik, ibu hamil serta ibu menyusui yang rentan terpapar Covid-19.

“Untuk hari ini kita tidak menargetkan terlalu banyak. Mungkin yang baru mendapatkan informasi dari sosial media saja yang akan melakukan vaksinasi hari ini,” ujarnya.

Ia menambahkan dua kelompok umur prioritas itu dapat mendatangi puskesmas di wilayah masing-masing untuk divaksin booster esok hari. Sementara masyarakat umum baru bisa ikut vaksin booster pada pekan depan atau berdasarkan arahan pemerintah pusat.

“Jadi kita tunggu saja arahan dari pemerintah pusat nanti. Tapi untuk vaksin dosis ketiga ini diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat,” tagas dr Hakim.

Untuk jenis vaksin yang digunakan utamanya yakni Astrazeneca dengan jumlah dosis setengah dari dosis biasanya pada vaksinasi dosis pertama dan kedua.

“Astrazeneca kita masih banyak. Tapi bisa saja menggunakan jenis vaksin lain tergantung ketersediannya,” jelasnya.

Selain itu, penyuntikan vaksinasi booster dapat dilakukan dengan rentang jarak enam bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

“Kita menyediakan sekitar 18 ribu dosis vaksin dari total yang dibutuhkan. Jumlah ini sudah cukup untuk pemenuhan vaksinasi lanjutan yang digencarkan saat ini,” pungkas Hakim.

Vaksinasi di Kota Pangkalpinang sudah memenuhi kriteria dengan capaian sebesar 72 persen dari yang ditargetkan.(*)