Scroll untuk baca artikel
Bangka BelitungProvinsi Bangka Belitung

Masyarakat Bangka Terima 1000 Bibit Alpukat Roro dari Gubernur

238
×

Masyarakat Bangka Terima 1000 Bibit Alpukat Roro dari Gubernur

Sebarkan artikel ini
IMG 20211221 WA0018

INTRIK.ID, MERAWANG – Sebanyak 1000 batang bibit Alpukat Roro diberikan kepada masyarakat Kabupaten Bangka, Selasa (21/12/2021).

Bantuan yang diberikan langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi itu merupakan hasil kolaborasi dengan pemilik pembibitan Sen’s Tani, Asen Salim.

Erzaldi mengatakan Alpukat Roro merupakan varietas unggul asli dari Babel yang memiliki keunggulan dibandingkan alpukat jenis lainnya, seperti rasanya yang enak, berlemak, gurih, dan tebal, pertumbuhannya cepat sehingga dalam kurun waktu dua tahun sudah bisa dipanen, bahkan sekali panen bisa mencapai 200 kilogram dalam satu pohon.

“Buahnya besar dan yang terpenting harganya juga lumayan, berkisar Rp70.000 sampai Rp.100.000 per kilonya,” ungkap gubernur.

Dijelaskannya, untuk melindungi hak intelektualnya agar tidak bisa diakui oleh daerah lain, saat ini Alpukat Roro sudah terdaftar sebagai daftar varietas tanaman lokal oleh Kementerian Pertanian RI. Sedangkan izin edar sedang berproses yang diprediksi selesai pada bulan Februari 2022.

Erzaldi mengatakan jika saat ini Pemprov Babel juga sedang mengembangkan komoditi pertanian selain lada, yakni jahe merah, porang, alpukat roro, durian namlung, durian super tembaga, dan kopi robusta.

Gubernur juga memotivasi para petani agar dalam bekerja untuk senantiasa mengutamakan tiga hal, yakni kerja keras, kerja cerdas, dan yang terutama kerja ikhlas untuk beribadah.

“Jika tiga hal tersebut dilakukan, insya Allah semua yang dikerjakan akan diberkahi,” tutur gubernur.

Di kesempatan itu juga, gubernur mengatakan kepada perangkat desa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dana desa. Dana desa tidak saja difokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Dana desa dapat dipakai untuk membeli bibit unggul agar produktivitas pertanian di desa meningkat.

“Dana desa dapat dipakai untuk membeli bibit yang baik, dibagi kepada masyarakat bibit-bibit unggul,” kata Gubernur.

Gubernur juga menyempatkan untuk melihat lokasi pembibitan Sen’s Tani yang sudah menerapkan teknologi pengairan pada proses pembibitannya, yakni selang drip atau irigasi untuk memudahkan proses penyiraman.

“Salah satu teknologi semacam ini yang harus dilakukan para petani, untuk meningkatkan produktivitas pertaniannya,” tutup Gubernur.

Sementara itu, salah satu warga Desa Pagarawan, Mustamin mengaku bersyukur usai mendapat bantuan bibit Alpukat Roro tersebut.

“Alhamdulillah sangat bersyukur atas bantuannya, Terima kasih pak gubernur, semoga bantuan ini menjadi spirit kami untuk meningkatkan produktivitas,” ungkap Mustamin.

Pemilik pembibitan Sen’s Tani Asen Salim, berharap bantuan tersebut dapat memacu semangat para petani untuk memanfaatkan lahannya dalam menanam komoditi hortikultura lainnya, seperti Alpukat Roro.

“Kami harap bantuan ini memberikan motivasi kepada petani agar lebih semangat lagi, karena Alpukat Roro memiliki keunggulan dibanding alpukat lainnya,” tutupnya. (red)