Kunjungi Dua Negara, Ketua Pemuda Tani HKTI Babel Promosikan Lada Putih Bangka

IMG 20211210 WA0092

BANGKA. INTRIK.ID – Nama Lada Putih Bangka ( Muntok White Pepper ) mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar. Hasil produk pertanian Provinsi Bangka Belitung yang satu ini, pernah menjadi lokomotif perekonomian.

Seiring waktu nama besar Muntok White Pepper memudar, seperti apa kebutuhan lada di luar negeri? Ketua Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI ) Provinsi Babel Redy Zedira Tama disela kunjungannya ke Turky dan Iran promosikan lada putih.

Kunjungan tersebut dalam rangka business matchiiing dan technology matching, membangun jaringan pemasaran dan investasi serta transfer technology pertanian.

“Kami bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi konsumsi masyarakat di Turky daerah dingin yang sangat cocok membutuhkan lada sebagai bahan bumbu masak. Demikian juga di Iran, bagaimana teknologi pertanian seperti pupuk, technology pembiakaan hewan dan pengairan yang sangat maju,”kata Redy, Jumat (10/12/2021).

Pertemuan kerja sama di Turki, Pemuda Tani lakukan MoU, dengan pihak asosiasi pertanian Turki untuk ekspor 30 ton kopi Indonesia per bulan.

“Sementara produk seperti lada, briket, beras organik, teh kelor ke depan akan ditindaklanjuti oleh team Pemuda Tani HKTI untuk dilakukan ekspor ke Turki,”ungkap Redy.

Pada Maret 2022 mendatang, Pemuda Tani kembali akan memerkan produk pertanian di Itali dengan membawa hasil pertanian dari seluruh Indonesia.

“Saya selaku Ketua Pemuda Tani HKTI Babel mohon doa dan supportnya agar produk pertanian dari babel seperti lada, madu pelawan, teh pelawan bisa kita pasarkan ke negara lain,”tutupnya.