RSUD Depati Bahrin Sungailiat Luncurkan Inovasi ERB

IMG 20211116 092552

BANGKA. SUNGAILIAT. INTRIK.ID – Guna meningkatkan pelayanan terhadap pasien, RSUD Depati Bahrin Sungailiat luncurkan inovasi Emergency Rescue Brigade ( ERB ). Inovasi ini sistem penyelamatan darurat hasil pengembangan inovasi Dulang Yamani.

Direktur RSUD Depati Bahrin dr. Yogi Yamani, Sp.B menyampaikan inovasI ERB langkah meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“ERB merupakan langkah RSUD Depati Bahrin dalam mengembangkan dan meningkatkan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat. pengoperasian ERB akan dilengkapi fasilitas ambulans transport sebanyak 1 buah, motor sebanyak 2 buah, dan layar monitor menampilkan permintaan bantuan serta titik koordinat pasien berada sebanyak 3 buah,” kata Yogi Yamani, Senin ( 15/11/2021) kemarin bertempat di RSUD Depati Bahrin Sungailiat.

Menurut Yogi Yamani, inovasi ERB hasil pengembangan inovasi Dulang Yamani.

“ERB hadir berawal dari pengembangan inovasi sebelumnya yaitu Dulang Yamani, dengan niat memberikan pelayanan prima bagi penyandang disabilitas, dimulai sejak dari rumah. Masyarakat Kabupaten Bangka bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan mendownload aplikasi ERB di play store dengan kata kunci “ERB Depati Bahrin” secara gratis,” jelasnya.

Selain melayani disabilitas, ERB bisa digunakan untuk pelayanan emergency.

“ERB selain melayani penyandang disabilitas, kedepannya berfungsi sebagai pelayanan emergency pra hospital, dengan kegawatan yang sering terjadi di masyarakat akan terintegrasi dengan pelayanan IGD RSUD Depati Bahrin. terhubung melalui ruangan khusus Call Centre ERB”, tambah Yogi Yamani.

Masih kata Yogi Yamani tahap awal ERB hanya melayani masyarakat sekitar Kecamatan Sungailiat.

“Tahap awal inovasi ERB hanya melayani sekitar Kecamatan Sungailiat kedepan diperluas hingga melayani seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka. Harapan inovasi ERB dapat bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Bangka khususnya, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnnya,” ujarnya.