Komisaris Utama PT Inalum Minta Babel Kembangkan Ikan Gabus dan Toman

IMG 20211115 WA0001
Foto: Gubernur Babel bersama Komut PT Inalum saat bertemu di ruang VIP Kantor Gubernur Babel.(ist)

INTRIK.ID, BABEL — Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan memproduksi ikan gabus dan toman secara besar-besaran. Hal itu sesuai dengan usulan dari Komisaris Utama PT Inalum, Letnan Jenderal (Letjen) Purn. Doni Monardo saat berkunjung ke Babel.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan pihaknya akan menanggapi secara serius untuk memanfaatkan kandungan albumin atau kandungan yang ada dalam ikan-ikan tersebut.

“Kita akan memproduksi albumin. Produksi ini tentu tidak asal-asalan, tetapi diproduksi secara masif untuk kesejahteraan masyarakat, karena proteinnya besar dan murah. Sehingga, fisik masyarakat kita lebih kuat, apalagi produksinya nanti akan didampingi perusahaan yang profesional,” ungkapnya, Minggu (14/11/2021).

Untuk itu, pihaknya akan menggandeng perusahaan dan memberdayakan masyarakat sekitar disetiap titik. Selain itu, Erzaldi juga ingin menggandeng ISKA untuk mendampingi masyarakat dalam membudidayakan dan memelihara ikan gabus dan toman.

“Jadi harapannya dengan adanya upaya yang akan kita lakukan ini, kita akan melihat 10, 15, dan 20 tahun ke depan akan ada perubahan yang signifikan, khususnya bagi masyarakat Kepulauan Bangka Belitung,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Letnan Jenderal (Letjen) Purn. Doni Monardo pada Sabtu (13/11/21) lalu mengusulkan agar Pemprov Babel agar bisa memanfaatkan sumber daya yang akan dikembangkan ke depannya.

“Protein kedua ikan ini sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat, terkhusus membuat sehat dan pertumbuhan fisik masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung lebih kuat, bisa tinggi, cerdas. Itu (budi daya-red) akan kita lakukan selain sengon,” ujarnya.(*/red)