Scroll untuk baca artikel
BangkaOlahraga

133 Pendekar Saling Adu

158
×

133 Pendekar Saling Adu

Sebarkan artikel ini
P 20211122 203455 1

INTRIK.ID — Sebanyak 133 pendekar mengikuti kejuaraan pencak silat Bupati Cup tahun 2021 yang berlangsung di Orom Sungailiat, Senin (22/11/2021).

Peserta pada kejuaraan tersebut terdiri dari 13 perguruan yang ada di Kabupaten Bangka dimana mulai dilaksanakan pada 23-27 November 2021.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia atau IPSI Bangka, Erlan Hadi Susanto mengatakan dalam kejuaraan ini pihaknya membuka dua kategori yakni remaja dan dewasa.

“Kejuaraan kali ini diikuti seluruh perguruan dari Kabupaten Bangka, seluruhnya berpartisipasi. Kita buka kategori remaja sekalian sebagai untuk persiapan Porprov Bangka Barat nanti,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan cabang olahraga silat bangka merupakan juara umum pada Porprov sebelumnya sehingga harus tetap dipertahankan.

“Sebelumnya kita juara umum, jadi harus tetap kita pertahankan dan kita tambah,” tegas Erlan.

Sementara Wakil Bupati Bangka, Syahbuddin mengatakan Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup ini merupakan salah satu upaya dalam pembinaan olahraga di Kabupaten Bangka.

“Ini merupakan pembinaan sehingga pelajar maupun masyarakat umum bisa menjadi bagian, apalagi silat merupakan olahraga budaya Indonesia dimana dulu kakek nenek kita membekali diri dengan silat,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi antar peserta mengingat silat adalah olahraga yang paling diminati masyarakat bangka.

“Silat ini bukan untuk gagah-gagahan tapi untuk memaksimalkan kemampuan diri, bisa menciptakan prestasi untuk kabupaten bangka ke tingkat yang lebih tinggi,” pungkas Syahbuddin.

Selain itu, ia juga meminta agar wasit yang memimpin pertandingan untuk bisa menilai secara objektif sehingga hasil yang diraih oleh peserta murni dari usahanya.

“Kalah menang itu biasa, yang penting tetap berusaha dan terus jaga sportifitas,” tutupnya.(red)