Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Rumah Produksi Tenun Cual Resmi Berdiri, Eva Algafry Harap Warga Setempat Diberdayakan

190
×

Rumah Produksi Tenun Cual Resmi Berdiri, Eva Algafry Harap Warga Setempat Diberdayakan

Sebarkan artikel ini
CUAL 4 1
Foto: Ketua Dekranasda Bateng, drg. Eva Algafry saat melihat batik Cual.(ist)

INTRIK ID, BATENG — Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry hadir dalam peresmian produksi Tenun Cual Alat Tenun Bukan Mesin atau ATBM di Rumah Produksi Tenun Galeri Destiani, Rabu (06/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Eva mengucapkan selamat kepada pemilik galeri yang berada di Kelurahan Dul, Pangkalan Baru tersebut.

“Selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Tengah, saya ucapkan selamat kepada Ibu Nina dan suami sebagai pemilik atas diresmikannya rumah produksi tenun cual ATBM ini,” ucapnya.

Dengan adanya rumah produksi tenun di Kabupaten Bangka Tengah, ia berharap bisa membuka lapangan kerja dan memberdayakan masyarakat sekitar dalam membantu produksi di Galeri Destiani.

“Kita akan terus memberikan dukungan dengan melakukan pembinaan seperti pelatihan-pelatihan kepada masyarakat agar bisa membuat tenun seperti ini. Kita juga akan arahkan ke hotel-hotel untuk bisa digunakan atau bisa juga membuat galeri di Kabupaten Bangka Tengah,” jelas Eva.

Sementara Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi yang turut hadir menyambut baik dan senang dengan diresmikannya rumah produksi tenun cual ATBM.

“Salah satu bentuk proses agar bisa membuat cual produksi Bangka Belitung secara massal, harus tersedianya 20 mesin cual ATBM. Ini membuktikan bahwa Galeri Destiani akan memproduksi Cual dengan jumlah yang cukup besar setiap harinya,” ungkapnya.

“Untuk produksi pasar Cual di pasar dunia cukup besar. Saat ini memang ada kelesuan akan tetapi UMKM tidak boleh berdiam saja, karena banyak cara untuk mempromosikannya. Salah satunya dengan pameran, melalui online dan alhamdulillah kitaj uga mendapatkan mitra yang luar biasa salah satunya seperti Bank Indonesia yang mewadahi pameran online kelas dunia,” tambah Melati.

Ia juga menekankan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk Cual Bangka Belitung dan dapat terus berinovasi.

Peresmian rumah produksi ini ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati dan penyerahan cinderamata dari pemilik Galeri destiani, Nina Sarjulianto berupa hasil tenun pertama Cual ATBM Galeri Destiani.

Berbagai hasil tenunan Galeri Destiani ditampilkan dalam acara peresmian ini. Tampak Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Tengah dan juga para undangan melihat proses produksi tenun kain cual di tempat tersebut.(*/red)