Scroll untuk baca artikel
BangkaPolitik

Baru Beberapa Jam, Sepertiga Masyarakat Desa Riding Panjang Sudah Gunakan Hak Suaranya

206
×

Baru Beberapa Jam, Sepertiga Masyarakat Desa Riding Panjang Sudah Gunakan Hak Suaranya

Sebarkan artikel ini
P 20211013 085604 1 1
Foto: Ketua Panitia Pemilihan Desa Riding Panjang, Sarbini (bertopi).(int)

INTRIK.ID, BANGKA — Antusiasme masyarakat Desa Riding Panjang, Merawang cukup tinggi dalam pemilihan kepala desa atau yang disingkat kades, Rabu (13/10/2021).

Ketua Panitia Pemilihan Desa Riding Panjang, Sarbini mengatakan hingga pukul 09.00 WIB sedikitnya sudah sepertiga masyarakat yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT sudah memberikan haknya.

“Tadi kita cek di TPS 1 dan 2 sudah cukup banyak yang hadir untuk memilih. Ini lebih tinggi dibandingkan pemilihan lain,” ungkapnya.

Ia mengatakan di Desa Riding Panjang sendiri terdapat lima TPS dengan jumlah DPT sebanyak 2.309 orang dan lima orang calon.

“Tadinya ada 7 calon tapi karena tidak bisa lebih dari 5 orang maka panitia kabupaten melakukan seleksi tambahan dan terpilih 5 orang,” ujarnya.

Meskipun antusias masyarakat tinggi, Sarbini mengatakan tetap akan menghentikan proses pemungutan suara dan menutup TPS jika sudah pukul 12.00 WIB.

“Kita usahakan hari ini selesai, tapi jika masih banyak yang hadir diatas jam 12 siang ini, maka akan dimusyawarahkan lagi antara panitia dusun dan saksi untuk menunda penutup TPS 10 atau 15 menit,” terangnya.

Ia juga mengatakan akan langsung melakukan penghitungan suara langsung pada pukul 15.00 WIB yang akan disaksikan oleh para saksi dan panitia.

Selain itu, Sarbini mengungkapkan selama tahap pemilihan kepala desa berlangsung, pihaknya masih menemukan beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh para calon.

“Kita memang menemukan beberapa pelanggaran ringan tapi masih bisa ditolerir karena kita anggap wajar saja bertemu dengan kerabat untuk soan, sungkem atau silaturahmi,” tegasnya.

Namun untuk pelanggaran seperti politik uang atau pelanggaran berat lainnya, pihaknya masih belum menemukan.

“Sejauh ini panitia belum menemukan pelanggaran seperti itu,” pungkas Sarbini.(red)