Spesifikasi iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro dan 13 Pro Max

Screenshot 20210916 132254268 1
Foto: ist

INTRIK.ID — Apple secara resmi memperkenalkan produk terbarunya yakni iPhone 13. Kali ini, Apple memiliki empat varian baru yakni iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Meski terbaru, produk Apple kali ini tidak memiliki perubahan drastis dari seri pendahulunya.

iPhone 13 dan 13 mini

Untuk dimensi iPhone 13 sendiri tidak berbeda dengan seri iPhone 12 dan sama halnya seri mininya yang hanya 5,4 inci saja.

Meskipun begitu, ada sedikit perbedaan yakni notch-nya yang lebih kecil 20 persen. Jika dilihat lebih teliti, speakerbya sudah baik ke atas hampir menempel di bezelnya. Ini berbeda dengan seri sebelumnya yang rata dengan kamera depan.

Material iPhone 13 dan 13 mini ini berbahan Matte Alumunium yang kuat dan tahan karat sama dengan seri sebelumnya.

Untuk display, keduanya menggunakan super retina XDR yang sudah support dengan dolby vision XDR dimana akan lebih nyata dan memanjakan mata. Layar ini juga lebih tahan terhadap goresan ataulun kejatuhan barang.

iPhone 13 dan 13 mini ini sudah dibekali dengan chipset terbaru yakni A15 bionik dimana memiliki 6 core CPU dan 4 core GPU. Dengan demikian, cipset ini diklaim sebagai yang tercepat untuk saat ini.

Kamera yang digunakan dalam seri ini juga masih sama seperti pendahulunya namun sensor fisik untuk kamera wide yang 47 persen lebih besar dari tahun lalu, memungkinkannya menangkap lebih banyak cahaya di lingkungan yang lebih gelap dengan sedikit noise.

Sensor wide ini, 12 MP dengan aperture f/1.6, sedang kamera ultra-wide 12 MP yang baru memiliki lensa f/2.4 yang lebih cepat dan bidang pandang 120 derajat.

Pihak Apple juga membekali teknologi stabilisasi sensor-shift yang sama pada 12 Pro Max, sehingga bisa mengurangi getaran.

Selain itu, seri ini juga memiliki mode cinematic secara real-time yang menjadikan video lebih artistik dan sangat cocok bagi Youtuber.

Saat merekam video, mode sinematik akan secara otomatis mengalihkan fokus secara real time, dan dengan cerdas mengalihkan fokus saat orang memasuki bingkai atau mengalihkan pandangan dari kamera.

Dari sisi ketahanan baterai, iPhone 13 lebih kuat 2,5 jam dibandingkan iPhone 12 sementara untuk seri mini lebih tahan 1,5 jam dari seri sebelumnya.

Kedua iPhone ini dibekali memori penyimpanan 128, 256 dan 512 GB dengan harga $699 untuk iPhone 13 mini kapasitas 128 dan $799 untuk iPhone 13 kapasitas 128.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Screenshot 20210916 132403617 1
Foto: iPhone 13 (ist)

Meski hampir sama dengan seri iPhone 13 dan 13 mini, untuk seri 13 Pro dan 13 Pro Max, Apple mendesain ulang baik dari dalam maupun luar produknya.

Keduanya didesain dan menggunakan material yang lebih baik dan elegan.

Kedua model ini menggunakan layar Super Retina XDR yang serba baru dengan ProMotion yang menampilkan kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz sehingga menjadikan sentuh lebih cepat dan lebih responsif.

Sistem kamera pro mendapatkan kemajuan terbesarnya dengan kamera Ultra Wide, Wide, dan Telephoto baru yang menangkap foto dan video yang menakjubkan, didukung oleh kinerja A15 Bionic yang tak tertandingi, lebih kuat daripada pesaing terkemuka.

Teknologi ini memungkinkan kemampuan foto baru yang mengesankan yang belum pernah ada sebelumnya di iPhone, seperti fotografi makro pada kamera Ultra Wide baru dan hingga 2,2x peningkatan kinerja cahaya rendah pada kamera Wide baru.

Fitur fotografi komputasi baru seperti Gaya Fotografi mempersonalisasi tampilan gambar di aplikasi Kamera, dan kedua model sekarang menyertakan mode Malam di semua kamera. Video mengambil lompatan besar dengan mode Sinematik untuk transisi depth-of-field yang indah, video makro, Time-lapse dan Slo-mo, dan kinerja cahaya rendah yang lebih baik. Kedua model juga menawarkan alur kerja pro menyeluruh di Dolby Vision, dan untuk pertama kalinya, ProRes, hanya tersedia di iPhone.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga menyertakan 5G dengan lebih banyak pita untuk jangkauan yang lebih baik, peningkatan besar pada masa pakai baterai untuk masa pakai baterai terbaik yang pernah ada di iPhone dengan iPhone 13 Pro Max, kapasitas penyimpanan baru sebesar 1TB, dan penutup depan Ceramic Shield, lebih keras dari kaca smartphone manapun.

Meskipun menggunakan chipset A15 sama seperti iPhone 13 dan 13 mini, kedua seri ini memiliki sedikit perbedaan yakni pada GPU. Iphone 13 Pro dan 13 Pro Max memiliki core GPU yang lebih banyak yakni 5.

Dengan demikian, kecepatan maupun responsif pada iPhone ini lebih meningkat terutama pada saat bermain game.(*)