Sepeda Goes Cuci ‘Segoci’ Polman Babel Raih Juara II Tingkat Nasional

20210902 172230
Foto: ist

INTRIK.ID, BANGKA — Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) berhasil menjadi juara II dalam lomba Rancang Bangun Alat Bantu tingkat nasional.

Tim terdiri dari M Hilal Khoidar, Ardi Has Giant, Erdian Suntosa, dan Yusuf Pradana itu membawa ‘Segoci’ (Sepeda Goes Cuci) yang merupakan rancangan alat bantu dalam perlombaan dengan tema ‘Alat Bantu Pekerjaan Rumah Tangga’.

Ketua Tim Polman Babel, Hilal mengatakan Segoci sendiri ditujukan untuk para mahasiswa yang cenderung resah dengan tumpukan baju cucian di kos-kosan.

“Dengan alat ini diharapkan mampu membantu mereka dalam proses pencucian sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk berolahraga dari rumah dalam masa pandemi ini,” ungkapnya, Kamis (2/9/2021).

Meskipun sudah dinobatkan sebagai pemenang, ia mengaku masih belum puas dan akan terus mengembangkan rancangan tersebut.

“Alhamdulillah bisa menang, tentunya senang karena bisa membanggakan almamater Polman Babel tapi masih belum puas. Kami akan terus kembangkan agar nanti bisa diaplikasikan masyarakat ataupun mahasiswa dalam sehari-hari,” pungkas Hilal.

Segoci sendiri alat yang menyerupai sepeda dengan ruang dibagian bawah untuk menempatkan cucian dimana akan berputar ketika dikayuh.

Dengan begitu, orang dapat berolahraga sambil mencuci pakaian sehingga bisa mendapatkan lebih dari satu manfaat dalam satu kali pekerjaan.

Dalam lomba yang diselenggarakan oleh jurusan Teknik mesin Universitas Bangka Belitung (UBB) itu diikuti oleh 8 tim dari berbagai sekolah maupun universitas yang terdiri dari UBB, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Polman Babel, Polman Bandung, Politeknik Caltex Riau, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan SMK Negeri 2 Pangkalpinang.(red/*)