Oktober Nanti Semua Sekolah di Bangka Tatap Muka, Siswa SD Tidak Perlu Vaksin

IMG 20210603 WA0010
Foto: Salah seorang siswa melakukan cek suhu tubuh sebelum masuk ke dalam kelas.(red)

INTRIK.ID, BANGKA — Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bangka akan tetap dilaksanakan meskipun para siswa tidak divaksin.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka, Rozali mengatakan pihaknya akan memulai kegiatan PTM bulan Oktober 2021.

“Rencananya Oktober ini kita sudah mulai tatap muka. Untuk jenjang SD memang kita tidak berikan vaksin karena kebanyakan siswa ini dibawah 12 tahun meskipun harus tatap muka,” ungkapnya, Kamis (30/9/2021).

Meskipun tidak menerima vaksin, pihaknya memastikan para guru sudah menerima vaksin hingga tahap dua sebelum memulai kegiatan PTM nanti.

“Bagi guru wajib hukumnya untuk divaksin. Kalaupun ada penyakit bawaan, harus memang pernyataan dari dokter yang berkompeten bukan dari pernyataan guru itu saja,” tegas Rozali.

Ia mengatakan saat ini sudah 70 persen tenaga pendidik di Kabupaten Bangka disemua jenjang sudah menerima vaksin .

“Saat ini sudah 70 persen sudah divaksin semua kecuali yang memiliki penyakit bawaan. Tapi jika tatap muka nanti dilaksanakan tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Rozali juga menegaskan bahwa bupati bangka sudah memberikan izin untuk kegiatan belajar tatap muka namun dengan syarat jika status Kabupaten Bangka sudah turun menjadi PPKM level 3.

“Pak bupati sudah memberikan lampu hijau terkait perihal ini. Namun, dengan catatan Kabupaten Bangka sudah berada di level 3. Sekarang inikan kasus covid 19 kita sudah melandai,” ungkapnya.(red)