Firli Bahuri Sambut Baik Pegawai KPK Jadi ASN

IMG 20210917 WA0003
Foto: Ketua KPK, Firli Bahuri.(ist)

INTRIK.ID, JAKARTA — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menyambut baik keputusan MK dan MA yang menetapkan pegawai KPK menjadi ASN, Jumat (17/9/2021).

Ia mengatakan peralihan tersebut sudah memenuhi prosedur hukum dimana publik juga turut mengawasinya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah melarang atau menghalangi pihak lain yang ingin melakukan pengaduan gugatan.

“Kita sangat menyambut baik keputusan ini. Kita juga tidak pernah menghalangi bagi yang mengajukan laporan ke Ombuds RI, pengaduan ke Komnas Ham ataupun gugatan yang dilakukan di Mahkamah Agung dan di Mahkamah Konstitusi. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara Hukum, kami menghormati dan memahami hal tersebut,” ungkapnya.

Pihaknya sebagai termohon tetap memberikan feedback administratif dan turut menjalani seluruh proses persidangan.

“MK sebagai Court Of Law telah menetapkan suatu keputusan yang menjelaskan lintasan perundangan yang kuat dalam hal landasa dan kepastian hukum. Keputusan itu telah dibacakan pada, selasa 31 Agustus 2021,” tegas Firli.

“Mudah-mudahan putusan ini mengakhiri dan menyelesaikan perdebatan tentang TWK KPK sebab MK dan MA telah secara hukum besifat final dan binding menegaskan Perkom No. 1/2021 KPK Tidak Benar dinyatakan Maladministrasi dan tidak benar melanggar Hak Azasi Manusia,” tambahnya.

Dengan begitu, pihaknya akan melanjutkan proses peralihan pegawai KPK ini berdasarkan Perkom No.1/2021 dan amanat UU serta peraturan perundang-undangan lainnya tentang manajemen ASN.

Ia juga berharap agar masyarakat untuk terus berpartisipasi dan bersama-sama memberantas korupsi karena untuk kemajuan bangsa dan negara sebagai sebuah tanggung jawab bersama.

“Tingkat partisipasi publik yang baik akan sangat membantu optimalitas pencegahan dan pemberantasan korupsi yang masif. Mari kita tatap masa depan Indonesia Tanpa Korupsi. Kita bekerja berkarya untuk bangsa dan negara, mengabdi untuk negeri mewujudkan NKRI bersih dari korupsi,” pungkas Firli Bahuri.(*/red)