Tego: Covid 19 Tidak Sampai Masuk Ke Darah

Screenshot 20210715 192250277 1
Foto: ist

INTRIK.ID, BANGKA — Masyarakat yang sudah sembuh dari paparan covid 19 diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya, Minggu (22/8/2021).

Menurut Koordinator Lapangan PMI Bangka, Tego mengatakan bahwa virus corona atau yang dikenal covid 19 tidak sampai masuk ke darah.

“Pasien covid 19 juga sebetulnya aman kalau mau donor, cuma kita tidak amabil untuk jaga-jaga saja. Kalau sudah dinyatakan sembuh dari covid 19 sudah bisa langsung donor,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan untuk masyarakat yang sudah melakukan vaksin kedua sudah bisa ikut mendonorkan darah.

“Kalau baru vaksin pertama belum boleh, tapi kalau sudah dua minggu setelah vaksin kedua diperbolehkan,” tambah Tego.

Ia mengatakan setiap darah yang didonorkan tidak akan langsung digunakan untuk medis melainkan masih akan dicek terlebih dahulu di laboratorium.

“Darah-darah donor nanti tidak langsung digunakan tapi kita cek dulu darahnya itu sehat apa tidak, kalau sehat baru kita gunakan tapi kalau tidak, akan langsung kita musnahkan,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya meyakinkan ke masyarakat untuk tidak ragu melakukan donor ataupun menerima darah dari PMI.

“Pada saat pandemi seperti saat ini banyak orang yang takut, padahal darah-darah ini kita cek lagi di laboratorium apakah membawa penyakit atau tidak, jadi darah-darah ini terjamin,” tegasnya.

Tego mengatakan untuk tahap awal, pihaknya hanya melakukan pemeriksaan Hb dan tensi darah pendonor saja sebelum dilakukan pengambilan darah.

“Tidak ada kriteria khusus bagi pendonor, kita hanya cek dua itu saja. Kalau tensi dan Hb nya cukup, maka bisa melakukan donor. Selebihnya soal darahnya sehat atau tidak, nanti dicek lagi di laboratorium,” pungkasnya.(int)