Lapas Kelas IIA Padang Buka Layanan Perbaikan Senjata Api

IMG 20210808 WA0001
Foto: Petugas Lapas Kelas IIA Padang saat memperbaiki senjata api.(ist)

INTRIK.ID, PADANG — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang membuka layanan perbaikan dan perawatan senjata api dari seluruh Lapas/Rutan di wilayah Sumatera Barat. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas IIA Padang, Rusdi diwakili staf Jonny Suryaldi, Minggu (8/8/2021).

Ia mengatakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemanfaatan alat dukung pengamanan yang berorientasi kepada upaya peningkatan keamanan dan ketertiban di dalam lapas/rutan itu sendiri.

“Tentunya program layanan ini mengandalkan petugas kita yang telah kompeten di bidangnya. Kita juga sudah menginformasikan kepada beberapa lapas sepertidi Payakumbuh dan Lapas kelas IIB Solok,” ungkapnya.

Program tersebut merupakan inisiatif dirinya yang melihat ada beberapa senjata api yang rusat namun belum diperbaiki.

“Saya lihat ada beberapa senjata api rusak, sementara untuk pengadaannya itu tidak mudah. Makanya saya berinisiatif untuk membantu perbaiki senjata-senjata itu, berhubung saya dulu pernah dibekali dengan pelatihan perbaikan dan perawatan senjata apai di Surabaya tahun 2006 lalu,” terang Jhony.

Pria yang biasa disapa Jhon Ketek ini berharap dengan adanya perawatan dan perbaikan senjata api yang rusak tersebut bisa meningkatkan pemanfaatan alat dukung dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di dalam lapas.

Kepala Lapas Kelas IIA Padang, Era Wiharto mendukung inovasi tersebut. Ia mengatakan kegiatan perbaikan dan perawatan terhadap senjata api merupakan hal yang krusial dalam menjaga situasi aman di dalam lapas.

“Senjata api merupakan alat dukung yang penting dan itu membutuhkan perbaikan dan perawatan secara berkala. Terima kasih kepada jajaran yang telah berinisiatif dan berinovasi untuk melaksanakan program mulia ini,” tutur Era Wiharto.

Kalapas juga berharap petugas keamanan selalu siap dan siaga dalam pengamanan lapas. Agar lapas/rutan dapat senantiasa aman dan kondusif.(*/red)