Gandeng PT Timah dan Polman Babel, SNNU Bangka Sebar 27 Rumpon

IMG 20210804 WA0001
Foto: Ketua SNNU Bangka, Lukman.(int)

BANGKA, INTRIK.ID — Serikat Nelayan Nahdatul Ulama (SNNU) Kabupaten Bangka sebarkan 27 rumpon di karang kering laut Jelitik Sungailiat, Rabu (4/8/2021).

Kegiatan tersebut terlaksana berkat bantuan dari PT Timah dan Polman Babel yang turut memberikan support baik materil maupun non materil.

Ketua SNNU Bangka, Lukman mengatakan ada dua jenis rumpon yang disebar di lokasi tersebut yakni rumpon apung dan rumpon dasar.

“Kegiatan ini salah satu komitmen kami dalam tangka mereklamasi laut. Kali ini kita sebarkan 20 rumpon dasar dan 7 unit rumpon,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan kegiatan itu merupakan yang kedua kalinya dari program penyebaran 100 rumpon di laut Bangka.

“Kita punya program untuk menyebarkan 100 rumpon dan sekarang sudah 30an rumpon yang sudah kita sebar. Penyebaran rumpon ini kita lakukan secara bertahap di laut bangka,” tambah Lukman.

Ia menjelaskan tujuan kegiatan ini juga untuk membantu para nelayan agar lebih mudah saat menangkap ikan di laut dengan adanya rumpon-rumpon tersebut.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk hadiah untuk PT Timah yang berulang tahun ke-45 serta bentuk apresiasi terhadap komitmennya dalam mereklamasi laut.

“Kami berharap kedepan dapat selalu menjalin kerjasama yang baik dengan kami. Karena, alhamdulillah PT Timah sangat luar biasa membantu para nelayan mulai bantuan dari alat tangkap dan rumpon ini melalui CSR nya,” pungkas Lukman.

Sementara Kabid Pengawasan KIP UPLB Belinyu, Ronanta mengapresiasi kegiatan SNNU Bangka yang sudah berinisiatif membantu melaksanakan reklamasi lait dan membantu para nelayan.

“Kegiatan cukup bagus dan positif, mudah-mudahan dengan niat yang bagus ini ikan-ikan pada datang, sehingga akan mempermudah para nelayan,” katanya.

Terlebih lagi, katanya, titik penyebaran rumpon ini berdekatan dengan lokasi operasi penambangan yang dilakukan oleh PT Timah.

“Nanti kita akan evaluasi, ketika memang harus diperbanyak dan diperluas lagi maka akan kita upayakan. Tapi kita lihat dulu hasilnya,” ujar Ronanta.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Syafarudin, Wakil Direktur III Polman Babel, serta anggota SNNU Bangka.(red)