Banyak Warga Takut, Kunjungan di Puskesmas Sungailiat Turun 50 Persen

P 20210810 104213 1
Foto: Kepala Puskesmas Sungailiat, dr Rudiyanto.(int)

INTRIK.ID, BANGKA — Kunjungan masyarakat ke Puskesmas Sungailiat mengalami penurunan hingga 50 persen sejak pandemi covid 19 melanda Bangka Belitung (Babel).

Kepala Puskesmas Sungailiat, dr Rudiyanto mengatakan biasanya kunjungan masyarakat bisa mencapai 2 hingga 3 ribuan dalam satu bulan.

“Sejak pandemi ini memang terjadi penurunan, sekarang untuk pasien BPJS hanya sekitar 1200 hingga 1300an, pasien umum 800an hingga 900an dalam sebulan, dan ini konstan selama pandemi,” ungkapnya.

Ia mengatakan turunnya kunjungan tersebut disebabkan karena banyak yang merasa takut untuk melakukan pengecekan kesehatannya dimana vasilitas kesehatan salah satu tempat beresiko.

“Mungkin mereka takut, kalau dulu (sebelum pandemi-red) deman sedikit saja langsung kesini tapi sekarang hanya yang sakit berat dan minta rujukan saja,” terangnya.

dr Rudi juga mengatakan selain pemeriksaan kesehatan, turunnya kunjungan ke Puskesmas Sungailiat karena diberlakukannya sekolah daring/online.

“Sekarang kan sekolah tidak tatap muka, jadi berefek juga ke angka penurunan karena mengurus surat menyurat juga masuk dalam kunjungan disini,” tambahnya.(red)