Bangka Naik PPKM Level 4, Ini Sebabnya

P 20210719 143032 1
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti.(int)

INTRIK.ID, BANGKA — Kabupaten Bangka resmi ditetapkan pemerintah sebagai daerah berstatus PPKM level 4 di Bangka Belitung (Babel). Sebelumnya, tiga kabupaten lainnya yakni Belitung, Belitung Timur dan Bangka Barat sudah lebih dulu ditetapkan sebagai daerah PPKM level 4.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan penetapan status tersebut merupakan kebijakan pemerintah pusat dengan melihat beberapa faktor.

“Status ini sudah sejak kemarin malam, ada beberapa indikator yang menyebabkan kita naik jadi PPKM level 4. Mungkin salah satunya angka kematian kita yang tinggi,” ungkapnya, Selasa (10/8/2021).

Ia mengatakan hingga saat ini angka kematian yang disebabkan oleh covid 19 di negeri sepintu sedulang tersebut sudah mencapai diangka 243 jiwa.

“Total warga yang terkonfirmasi positif covid 19 hingga saat ini ada 7.588 dimana yang dinyatakan sembuh 6.279 orang,” tambahnya.

dr Then juga mengatakan naiknya status Kabupaten Bangka menjadi PPKM level 4 akan berdampak dengan kebijakan pemerintah terhadap beberapa hal seperti yang tertuang dalam instruksi mendagri.

“Dalam instruksi itu belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh. Pasar, toko, warung dan sebagainya dibatasi sampai jam 8 malam. Tempat peribadatan juga hanya boleh diisi 25 persen saja,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan tempat-tempat ataupun fasilitas umum ditutup sementara.

“Jadi tempat wisata, kegiatan seni, budaya dan olahraga yang dapat menimbulkan kerumunan juga ditutup sementara,” tambahnya.

Meskipun sudah naik PPKM level 4, ia tidak menampik jika penanganan ataupun kasus covid 19 di kabupaten bangka menurun maka status itu juga akan dicabut.

“Jadi kalau kasusnya turun, angka kematiannya juga turun bisa saja status PPKM level 4 kita juga akan turun,” pungkas dr Then.(red)