Ingin Terapkan Siskeudes Online, Pemkab Bangka Terkendala Jaringan Internet

Screenshot 20210708 185116497 1
Foto: ist

BANGKA, INTRIK.ID — Pemerintahan Kabupaten Bangka akan menerapkan pelaporan keuangan desa secara online dengan menggunakan aplikasi Siskeudes Online.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Toni Marza saat menggelar bimbingan teknis bagi perangkat desa dalam pengoperasian aplikasi tersebut mengatakan akan menerapkannya pada September 2021.

“Siskeude Online ini mulai kita terapkan bulan September nanti secara bertahap. Jadi pada tahun 2022 nanti seluruh desa di Kabupaten Bangka sudah menerapkannya secara penuh,” ungkapnya, Kamis (8/7/2021).

Meskipun begitu, ia mengatakan masih ada beberapa kendala dalam penerapan aplikasi Siskeudes Online tersebut terutama jaringan internet yang masih sulit di beberapa desa.

“Yang jadi permasalahan kita yaitu adanya sejumlah desa yang masih belum terjangkau koneksi internet. Sementara kita upayakan pengunggahannya di kantor camat sembari menunggu jangkauan internet kedepannya,” terang Tony.

Bupati Bangka, Mulkan juga memberikan dukungan atas pencanangan Siskeudes Online tersebut karena kabupaten bangka sudah seharusnya mengikuti perkembangan digital.

“Kita harus mengejar ketertinggalan dari derah lain yang telah menerapkan Siskeudes Online. Kita juga akan bekerjasama dengan Dinas Kominfo guna mempersiapkan konektivitas serta server yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Siskeudes Online,” tutur Mulkan.

Sementara Kepala BPKP Perwakilan Bangka Belitung, Ikhwan Mulyawan memyampaikan saat ini Siskeudes Online merupakan suatu keharusan untuk mengikuti perkembangan arus zaman.

“Seharusnya Sikeudes Online ini bukan hanya sebatas pencanangan, melainkan perlu diimplementasi khususnya di 62 desa Kabupaten Bangka. Tetapi tentu perlu dukungan dari seluruh komponen untuk menyukseskan hal ini,” ungkapnya.

Bimbingan Teknis Siskeudes Online ini sendiri diikuti sebanyak 124 peserta selama tiga hari di Hotel Tanjung Pesona. Peserta tersebut merupakan para perangkat desa yang terdiri dari Kepala Desa, Selretaris serta operator keuangan desa.

Materi pemahamanan terkait Siskeudes Online diberikan langsung Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Bangka Belitung. Selain itu dari Kejaksaan Negeri Bangka serta Kepolisian juga turut dijadikan sebagai narasumber.(red)