613 Orang Daftar PPPK Kabupaten Bangka

P 20210727 092619 1
Foto: Kabid Mutasi BKPSDMD Bangka, Novi (int)

BANGKA, INTRIK.ID — Sebanyak 613 orang mendaftarkan diri sebagai peserta PPPK di Kabupaten Bangka. Dari total tersebut, baru 504 orang yang sudah diverifikasi dan 109 lainnya belum.

Kabid Mutasi BKPSDMD Bangka, Novi mengatakan jumlah tersebut sudah final karena pendaftarannya sudah berakhir pada Senin (26/7/2021) pukul 23.59 WIB.

Ia juga mengatakan bahwa pemkab bangka hanya menerima 102 orang saja untuk diangkat sebagai PPPK melalui tes nanti.

“Kita sebenarnya mengajukan 408 formasi tapi yang disetujui hanya 102 saja oleh pusat,” ungkapnya, Selasa (27/7/2021).

Novi menjelaskan bahwa tes PPPK ini berada dibawah naungan Kemendikbud yang mana akan dilaksanakan setelah pelaksanaan SKD bagi pendaftar CPNS nanti.

“Saat ini masih tahap verifikasi dulu, nanti ada juga masa sanggahannya. Jadi ketika sudah diverifikasi dan dinyatakan tidak lulus, peserta diberi kesempatan untuk melakukan sanggahan,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa peserta PPPK diberikan kesempatan hingga tiga kali jika tidak tidak lolos saat tes nanti.

“Jika tes pertama tidak lulus, nanti bisa ikut lagi ditahap ke dua, jika tidak lulus lagi akan ada tahap ke tiganya lagi,” jelasnya.

Meskipun begitu, Novi mengatakan PPPK hanya dikontrak selama lima tahun saja dengan opsi perpanjangan meskipun tanpa harus tes lagi.

“Memang perjanjian kerjanya hanya lima tahun tapi jika masih dibutuhkan dan kinerjanya bagus, maka bisa diperpanjang dan tidak usah tes lagi,” pungkasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan jenjang karir PPPK bisa sama dengan PNS dan menjabat bidang tertentu dalam suatu OPD.

“Kenaikan gajinya berbeda dengan PNS karena golongannya juga berbeda tapi jenjang karir bisa dimungkinkan sama dengan PNS hanya saja bidang-bidang tertentu saja,” tambah Novi.(red)