1.377 Keluarga di Mendobarat Dapat Bantuan PKH

Screenshot 20210715 200612372 1
Foto: ist

BANGKA, INTRIK.ID – Sebanyak 1.377 keluarga di Kecamatan Mendo Barat menerima bantuan berupa kartu Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Pemkab Bangka.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Camat Mendo Barat itu diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bangka Syahbudin yang nantinya bisa ditukar dengan uang tunai.

Dalam kegiatan tersebut, Syahbudin mengingatkan agar bantuan itu dapat digunakan dengan bijak untuk keperluan pokok keluarga.

“Simpan dan gunakan kartu PKH ini dengan baik karena pemerintah selalu berupaya menyalurkannya agar tepat sasaran dan waktu agar bisa memberikan manfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Bahrudin Bahfa mengatakan ada lima ketegori keluarga yang berhak menerima program PKH tersebut. Diantaranya penilaian berdasarkan kondisi kesehatan, pendidikan, hingga perekonomian keluarga.

“Tidak semua masyarakat bisa menerima bantuan PKH ini. Setidaknya ada lima penilaian dari tim lapangan terhadap calon keluarga penerima seperti kondisi ibu hamil, anak yang masih dalam masa pendidikan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bantuan PKH ini tidak diberikan secara terus menerus oleh pemerintah tapi akan dilakukan evaluasi dan dinilai kembali oleh tim.

“Jadi nanti akan dinilai lagi berdasarkan kategori sehingga saat keluarga diyakini telah mampu akan dialihkan ke keluarga lainnya,” ungkap Baharudin.

“Tujuan kami agar masyarakat tidak terlalu bergantungan dengan bantuan yang diberikan pemerintah. Karena pemerintah juga bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan bukan hanya memberikan bantuan kepada masyarakat miskin,” tambahnya.

Untuk pencairan dana yang berada di kartu PKH tersebut dapat dilaksanakan di ATM atau Bank BRI.(red)