Scroll untuk baca artikel
BangkaBangka Belitung

Puluhan Orang Dilatih Menangani Kecelakaan Perairan

162
×

Puluhan Orang Dilatih Menangani Kecelakaan Perairan

Sebarkan artikel ini
IMG 20210623 WA0022

BANGKA. PEMALI. INTRIK.ID – Sebanyak 25 orang pesrta mengikuti pelatihan penanganan kecelakaan perairan. Kegiatan pelatihan digelar Basarnas Babel itu, dibuka langsung kepala pusat data dan informasi Basarnas Didi Hamzar, S.Sos, MM, Rabu ( 23/6/2021) pagi di Gedung Learning Center PT. Timah Tbk.

Kegiatan pelatihan digelar selama 4 hari bertempat di Pantai Tikus Emas Sungailiat, guna meningkatkan pengetahuan peserta terhadap penanganan kecelakaan perairan. Peserta pelatihan terdiri BPBD Bangka dan Laskar Sekaban.

Didi Hamzar dalam kata sambutannya mengatakan keberhasilan Operasi SAR butuh pemahaman dan keterampilan.

“Keberhasilan pelaksanaan operasi SAR, diperlukan peningkatan pemahaman dan keterampilan para peserta dalam melakukan penyelamatan di air, apabila terjadi kecelakaan. Mengingat wilayah kerja SAR sebagian besar perairan,” kata Didi Hamzar.

Kantor SAR Pangkalpinang terus berupaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia ( SDM ) baik internal maupun external. Serta bersinergi dengan stakeholder terkait dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat di Prov Kep Bangka Belitung.

“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2017 tentang pembinaan potensi SAR adalah dengan melaksanakan pelatihan pelatihan bagi potensi SAR di wilayah kerja Kantor SAR Pangkalpinang,” tambah Didi Hamzar.

Fazzli, S.A.P. Kepala Kantor SAR Pangkalpinang (Basarnas Babel) menyampaikan kegiatan pelatihan sempat tertunda.

“kegiatan pelatihan sempat tertunda pada tahun 2020, pelaksanaan tahun ini sesuai rencana kita laksanakan di Kabupaten Bangka. namun ada pengurangan jumlah peserta berdasarkan ketentuan dan aturan dalam situasi pandemi covid saat ini, dan kami mengutamakan sepenuhnya protokol kesehatan,” tutupnya.