Scroll untuk baca artikel
Bangka BelitungBangka Tengah

Pastikan Hewan Qurban Sehat, Dinas Pertanian Bateng Turunkan Tim Dokter Hewan

132
×

Pastikan Hewan Qurban Sehat, Dinas Pertanian Bateng Turunkan Tim Dokter Hewan

Sebarkan artikel ini
IMG 20210624 WA0011

BANGKA TENGAH, INTRIK.ID – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah akan menurunkan tim dokter hewan.

Hal ini guna memeriksa dan memastikan hewan qurban di Kabupaten Bangka Tengah sehat dan layak di konsumsi oleh masyarakat.

‘Jelang idul adha ini kita akan menurunkan tim dokter Kabupaten di bantu dokter hewan yang ada di setiap kecamatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang dijual di berbagai tempat,” ujar Keplala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sadjidin pada Kamis (24/06/2021).

Sadjidin mengatakan jika tim dokter ini nantinya akan melakukan pemeriksaan kesehatan awal, kemudian dilanjutkan pemeriksaan postmortem hewan dan setelah pemotongan hewan qurban akan di lakukan pemeriksanan antemortem.

“Dua minggu sebelum pelaksananan Hari Raya Idul Adha kita melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, baik di rumah ternah hewan dan di tempat-tempat penjualan hewan qurban,” ujarnya.

Selain itu, kata Sadjidin, jika dalam pemeriksaan kesehatan ini ditemukan adanya hewan qurban yang sakit dan tidak layak konsumsi, maka tim dokter tidak akan merekomendasikan untuk hewan tersebut disembelih.

Hingga saat ini, ketersediaan hewan qurban di Kabupaten Bangka Tengah sendiri sebanyak 600 ekor yang tersebar di sejumlah titik.

“Sekitar 600 ekor yang tersebar di sejumlah rumah jagal, Selain itu juga ditambah ketersediaan sapi siap jual yang ada di peternak sapi lokal sebanyak lebih dari 160 ekor,” ujarnya. (Int)