Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka BelitungBangka BelitungBelitung Timur

Melati Erzaldi Kaget Ada Batik Batang Rembuding dan Tarsius

349
×

Melati Erzaldi Kaget Ada Batik Batang Rembuding dan Tarsius

Sebarkan artikel ini
FB IMG 1625629404163
Foto: Ketua Dekranasda Provinsi Babel, Melati Erzaldi.(ist)

BELTIM, INTRIK.ID – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi bangga dengan adanya batik khas batang Rembuding dan Tarsius.

Istri dari Gubernur Bangka Belitung (Babel) mengaku baru pertama kali melihat batik tersebut saat melakukan kunjungan ke Sanggar Batik Rembuding, Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit, Selasa (6/7).

“Sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saya selalu memanfaatkan waktu untuk mengunjungi para pengrajin ketika sedang berada di Belitung Timur,” ungkapnya.

Ia mengatakan kedatangannya untuk melihat potensi di Beltim agar bisa memberikan bantuan dan semangat kepada para pengrajin serta menjadi jembatan antara pemerintah dengan pengrajin.

”Saya ingin melihat secara langsung bagaimana Desa Buding memberdayakan masyarakatnya khususnya perempuan dalam menciptakan suatu karya yaitu batik,” ujar Melati.

Dalam kesempatan itu, Melati juga memberikan arahan untuk menggugah para pengerajin Batik Rembuding untuk memiliki jiwa entrepreneurship.

“Mindset entrepreuner ini tidak hanya dimiliki oleh wirausaha tapi juga harus dimiliki seluruh lapisan masyarakat, baik para pengrajin, ASN maupun kepala desa. Karena orang-orang yang mempunyai mindset entrepreuner itu akan menemukan peluang usaha dibalik tantangan,” terangnya.

Ia berharap produk-produk yang dihasilkan oleh para pengrajin dapat lebih luas hingga ke pasar nasional bahkan mancanegara.

“Batik ini mempunyai motif-motif yang unik dan menarik yang khas daerah seperti tarsius ini dan tidak ada di daerah lain,” tutup Melati Erzaldi.(*)