Scroll untuk baca artikel
Belitung TimurBangka Belitung

Beltim Siap Jadi Sentra Walet

204
×

Beltim Siap Jadi Sentra Walet

Sebarkan artikel ini
FB IMG 1625036728925
Foto: ist

MANGGAR, INTRIK.ID – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Beltim menggelar workshop budidaya sarang walet di restoran Golden Harvest Manggar Selasa (29/06).

Acara yang dihadiri puluhan peserta dari asosiasi pengusaha sarang burung walet dan komunitas pelaku usaha budidaya walet ini mengusung tema menuju Beltim sebagai sentra walet.

Pelaksana tugas Kepala BPKPD Beltim, Khaidir Lutfi turut memberikan arahan pada saat workshop berlangsung. Dia menjelaskan selayang pandang mengenal pajak sarang burung walet dan kontribusi pada pembangunan daerah dan nasional.

“Dasar pengenaan pajak sarang burung walet adalah nilai jual sarang burung walet dan sesuai Perda nomor 13 Tahun 2016 pasal 55, tarif pajak sarang burung walet ditetapkan sebesar 10%,” jelas Khaidir.

Ia menambahkan untuk besaran harga umum sarang walet ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Beltim nomor 806 tahun 2011. Untuk harga per kg dengan kualitas mangkuk Rp6.000.000,-, kualitas sudut Rp5.000.000,-, kualitas patahan Rp4.000.000,- dan kualitas bubuk Rp3.000.000,-.

“Besaran harga pasaran umum sarang burung walet ini akan dilakukan penyesuaian dan masih dalam proses karena tidak sesuai lagi dengan harga pasar saat ini,” ujarnya

Hadir sebagai salah satu peserta workshop Samsudi mengatakan mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Terlebih narasumber yang dihadirkan mempunyai kapasitas yang mumpuni untuk usaha budidaya walet yang sedang dirintisnya.

“Kami senang karena yang mengadakan workshop ini dari pemerintah daerah Beltim langsung. Materi dari narasumbernya pun sangat membantu. Jadi kami sesama pelaku usaha budidaya walet selain menambah pengalaman, kami juga bisa saling tukar pengalaman,” ucapnya.(*/red)