Scroll untuk baca artikel
Bangka BelitungBangka

Awak Media Minta Transfaran Soal Dana KIP

139
×

Awak Media Minta Transfaran Soal Dana KIP

Sebarkan artikel ini
images 5 20210324233235830

BANGKA. INTRIK.ID – Sejumlah awak media dari berbagai media cetak dan online khusus liputan di Sungailiat. Meminta kepada pihak owner KIP dan koordinator wartawan yang ditunjuk menyalurkan dana dari owner KIP untuk awak media agar transfaran.

Permintaan tersebut disampaikan saat diskusi, beberapa wartawan khusus liputan di Sungailiat mengenai dana dimaksud, Senin ( 5/4/2021) sore di Sungailiat.

Diskusi tersebut di gelar lantaran para wartawan itu, merasa tidak menerima dana dari operasional Kapal Isap Produksi ( KIP ) di perairan laut Matras.
Seperti disampaikan koordinator owner KIP bahwa ada dana untuk awak media.

BJS salah wartawan media online mengatakan, saat menghadiri pertemuan dengan pihak owner KIP, wartawan, dan organisasi beberapa waktu lalu di Cafe Daimond Sungailiat, hingga kini tidak ada kejelasan soal dana dimaksud.

“Kita minta pihak owner mau pun wartawan yang ditunjuk sebagai koordinator, agar transfaran terkait berapa dana yang terkumpul, wartawan mana saja yang menerima. Sebab saat itu saya ikut hadir dalam rapat bersama wartawan dan pihak owner KIP, sejumlah organisasi beberapa waktu lalu di Cafe Daimond Sungailiat, membahas dana untuk awak media, sampai hari ini tidak ada kejelasannya,” kata BJS.

Seperti disampaikan IR wartawan media online liputan di Sungailiat, mengkonfirmasi pihak owner KIP serta wartawan disinyalir sebagi koordinator penyaluran dana dimaksud, saling lempar jawaban.

” Saol dana owner KIP untuk wartawan Sungailiat, saya tidak pernah ada dapat pak, sudah 4 kali bongkar kalau gak salah, cuma secara tidak langsung saya yakin dana itu ada dari stetment mereka. cuma 2 orang waratawan saya temui untuk konfirmasi disinyalir sebagai koordinator, saling lempar kalau di tanya. ketika di konfirmasi ke owner KIP pun tidak di balas, kita tidak mau ini ada pencatutan nama wartawan mewakili misalnya karena banyak kawan kita yang mengaku tidak dapat atau hanya dapat 1 kali yang katanya slot untuk media ada,” tegas IR.

Sementara itu AMN wartawan media Onlie menyebutkan kita bukan soal besar kecil uangnya, namun lebih dari kebersamaan.

“Sejak beroperasi KIP di perairan Matras saya belum pernah menerima uang tersebut seperti apa bentuknya. Kalau pun dana itu ada, bukan soal besar atau kecilnya namun lebih kepada kebersamaan sesama wartawan,” pungkasnya.

Terpisah koordinator owner KIP Matras sudah diupayakan INTRIK.ID Konfirmasinya melalui pesan elektronik WhasApp ( WA ).

Pembeitaan sebelumnya Koordinator owner KIP di perairan Matras ETJ mengatakan ada dana untuk para awak media dari operasional KIP.

Demikian disampaikan ETJ saat dikonfirmasi INTRIK.ID melalui sambungan telepon, Selasa ( 30/3/2021) pukul 12 : 38 WIB.

“Ada dana untuk awak media, jaman pertama koordinator ND mungkin gak tersalurkan. Dana si gak seberapa untuk ngopi. Tadi ada juga wartawan telpon saya gak pernah dapet. laporan ke saya 43 awak media,” terang ETJ.

Menurut ETJ uang memang gak besar pihak owner mau berbagi sesama awak media .

“Yah kita untuk berbagi mungkin nilainya gak seberapa, dulu untuk awak media dikasih ND mungkin lewat saja. Yang Pangkalpinang bukan gak akomodir, kita akomodir awak media sungailiat saja. Sekarang koordinator untuk awak media ED,” jelasnya.

Terpisah, sejumlah wartawan liputan di Sungailiat saat dihubungi INTRIK.ID melalui sambungan telepon mengaku, tidak pernah menerima dan ada yang mengaku menerima satu kali dana tersebut.

Wartawan H mengaku hanya menerima saat pertemuan bersama Owner KIP dan awak media di Cafe Daimond Sungailiat beberapa waktu lalu.

“Saya gak tau uang apa itu saya terima, itu pun saat jumpa Pers di cafe Daimond ada awak media dan LSM atau apalah saya gak ngerti,” kata H.

Begitu juga pernyataan RZ mengaku tidak pernah satu kali pun menerima dana dimaksud.

“Demi Allah saya tidak pernah dapet dana KIP Matras, beberapa hari yang lalu saya telpon ANW kata dia ( ANW – red ) tidak tau soal dana tersebut,” ungkap RZ.

INTRIK.ID mencoba lagi menghubungi sejumlah wartawan yang lain, jawaban semuanya sama tidak pernah menerima dana tersebut.

AMN mengaku sama sekali tidak pernah menerima dana dari Owner KIP.

“Demi Allah bro saya tidak pernah menerima , pernah mau ketemu ND namun dirinya lari terus,” ujar AMN

BJS selama operasi KIP Matras saya tidak pernah menerima dana tersebut.

“Selama operasi KIP Matras tidak pernah bro saya menerimanya,” pungkasnya.