Scroll untuk baca artikel
Nasional

Endang Khusniati: Rumah Baca Darussalam Harus Jadi Center Pembelajaran Bagi Masyarakat Luas

169
×

Endang Khusniati: Rumah Baca Darussalam Harus Jadi Center Pembelajaran Bagi Masyarakat Luas

Sebarkan artikel ini
20200920 113145

* Open Donasi Buku

PULAU RIMAU, INTRIK.ID — Rumah Baca Darussalam (RBD) terus membuka donasi buku untuk memenuhi kebutuhan membaca bagi anak-anak di desa.

Kehadiran RBD di Desa Wonosari, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin ini sangat disambut baik oleh pemerintah setempat dan juga masyarakat luas.

FB IMG 1598099845005
Foto: Koleksi berbagai judul buku di Rumah Baca Darussalam

Baca juga: Pengunjung Semakin Banyak, RBD Masih Butuh Bantuan Buku

Salah satu owner RBD, Endang Khusniati berharap agar kedepan Rumah Baca Darussalam dapat dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Kami sangat berharap agar Rumah Baca Darussalam ini memiliki gedung sendiri, karena ini salah satu cara untuk membangun peradaban dengan literasi,” kata Endang, Minggu (20/9/2020).

Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Endang, tentunya harus adanya sinergitas baik dengan pemerintah desa maupun dengan lembaga lainnya demi keberlangsungan RBD itu sendiri.

Baca juga: Warga Jurung Tetap Positif Covid-19 Meski Di Rumah Saja

Selain itu, ia juga berharap kehadiran Rumah Baca Darussalam dapat menjadi center pembelajaran bagi masyarakat luas.

“Sementara ini RBD baru dirasakan manfaatnya oleh santri TPA Darussalam dan juga masyarakat sekitar. Harapan saya, jika semua fasilitas sudah memadai RBD dapat menjadi referensi bagi seluruh masyarakat baik dari desa Wonosari sendiri maupun dari luar,” harapnya.

Kendati demikian, ia juga mengatakan perlu adanya strategi khusus agar minat belajar anak-anak tetap tinggi, sembari membenahi pola management RBD.

“Tentunya ini menjadi PR bagi semua pengurus RBD. Disamping kita mengumpulkan buku dari para donatur, kita juga harus menyiapkan model pembelajaran untuk para guru pengajar agar anak-anak tidak jenuh,” ujarnya.

Hingga kini RBD sudah dilengkapi ratusan judul buku yang terdiri dari buku agama, sains, teknologi, pertanian dan buku umum lainnya.

Bagi siapapun yang berminat untuk mendonasikan buku atau bentuk lainnya ke RBD dapat menghubungi pengurus melalui, 081297337421 (Mahfur), 081274410402 (Endang), 085312405511 (Syarief), atau 082307699278 (Deeva). (Int)